Senin, 17 Mei 2010

Potensi KAHMI Luar Biasa dalam Membangun Umat

Medan, (Analisa, 17 Mei 2010)

Peran dan potensi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) sangat luar biasa dalam pembangunan dan kemaslahatan umat, sebab itu KAHMI harus eksis pada semua bidang.

Melihat peran dan potensi yang luas biasa itu, KAHMI jangan dijadikan alat atau bukan untuk kepentingan elit tertentu.

Demikian diungkapkan Pengurus Pimpinan Kolektif Majelis Nasional (PKMN) KAHMI, Prof Alwan Helmi Nasution ketika membuka Muswil KAHMI Bersama Sumatera Utara 2010, Sabtu (15/5) di Hotel Madani Medan.

Muswil KAHMI Bersama Sumut guna merajut Islah itu, dihadiri Koordinator dan Sekretaris Umum Presidium KAHMI Sumut, H Rusdi Lubis SH MH dan Muazzul SH MHum, Ketua KAHMI Presidentil, H Raden Syafii, para tim mediasi dan sekitar 150 peserta dari berbagai daerah kabupaten/kota se Sumut serta Kesbanglinmas Provsu, H Muhammad D.

Lebih lanjut, Prof Alwan Helmi mengatakan islah yang dilakukan KAHMI Bersama Sumut merupakan tonggak sejarah untuk meningkatkan kualitas peran dan potensi KAHMI di Sumut.

Islah dalam prinsip manajemen dibenarkan dan Islah merupakan bagian dari peradaban KAHMI karena Islah bukan berarti telah terjadi konflik tapi salah satu upaya peningkatan kualitas. Dan KAHMI didirikan untuk membentuk cendikiawan muslim yang siap bermitra untuk kemaslahatan umat.

"PKMN KAHMI menganggap bentuk tidak menjadi masalah dan bukan menjadi pilihan utama,’ jelas Alwan Helmi seraya berharap dari Muswil KAHMI Bersama Sumut sebaiknya disepakati dengan deklarasi islah.

Sementara itu Koordinator Presidium KAHMI Sumut, H Rusdi Lubis SH MH menjelaskan KAHMI di Sumut ada dua format yakni presidium dan presedentil. Prinsip dan tujuannya sama.

Siap Islah

Terbentuknya dua format kepengurusan itu, mungkin, ucap Rusdi Lubis karena terlalu besar tantangannya dan dinamikannya. Padahal tantangan merupakan sebuah kebutuhan dalam membangun semangat, dinamika, dan inovasi tapi secara organisatoris kurang baik.

"Prinsip KAHMI adalah silaturahmi dan menatap hari esok lebih cerah. Karenanya Presidium KAHMI Sumut siap islah sepanjang untuk kebersamaan dan tetap menjaga silaturahmi dan tetap bersahabat," tegas Rusdi Lubis yang disambut tepuk tangan para peserta Muswil.

Rusdi Lubis juga menyayangkan di tingkat bawah yakni para calon alumni HMI sepertinya sudah memiliki tingkat hunian dengan membeli tiket ke arah mana KAHMI yang dituju. Sebab itu Rusdi Lubis mengharapkan islah KAHMI Sumut membawa kemudahan dan manfaat yang baik.

Hal senada diungkapkan Raden Syafi, islah tidak ada masalah malah dianjurkan Allah SWT namun dia mengharapkan islah harus dilandasi semangat leluhur , baik dan santun tidak melanggar koridor yang ada.

Turut memberika sambutan, Ketua Panitia Muswil Bersama, Drs Asrul Kidam dan Majelis Penasehat Wilayah KAHMI Sumut. Prof Hasnil Basri Siregar SH. (twh)

Tidak ada komentar: