Selasa, 02 Desember 2008


http://www.sustainablefootprint.org/en/cms/gebruikerscherm.asp?itemId=360

Apa yang telah kamu makan saat sarapan?

Top of Form

This is the same as the case; What did you eat for breakfast?

Yuliana sedang sarapan, dan tiba-tiba dia berpikir mengenai makanannya.
Yuliana is eating her breakfast, and suddenly starts thinking about her food.

Dari mana asalnya?
Where does it come from?


Siapa yang menanam?
Who has been growing it?

Seberapa jauh dia menempuh perjalanan untuk sampai ke rumahnya?
How far has it travelled to come to her house?

Saat dia sampai di sekolah setengah jam kemudian, dia mulai berdiskusi dengan rekan2nya mengenai pertanyaan tsb.
When she arrives at school half an hour later she starts talking with her friends about these questions.

Saat gurunya mendengar masalah tersebut, dia setuju untuk menghabiskan beberapa jam pelajaran untuk materi mengenai makanan.
When their teacher hears this, she finds it a good idea to spend some lessons on food.

Mereka memutuskan untuk berkonsentrasi pada segala sesuatu yang berkaitan dengan apa yang mereka makan saat sarapan tadi, akan tetapi hal tersebut akan sangat rumit.
They decide to concentrate on the things they eat for breakfast, otherwise it will be too complicated.


Kamu dapat melanjutkan dengan mengisi sebuah rencana kerja.
You will continue by filling in a working plan

Kamu dapat memulai dengan menjawab beberapa pertanyaan pribadi:
You could start with answering some questions individually:


a. Apa saja yang kamu makan saat sarapan?
a. What kind of food do you eat at breakfast?


b. Dari bahan makanan apa saja sarapanmu dibuat?
b. What is the food material to make the breakfast?


c. Dimana bahan makanan itu dihasilkan?
c. Where has the food material been produced?

Pertanyaan dibawah ini dapat dijadikan Pekerjaan rumah untuk siswa:
This could be used as homework for students:


Cari dimanakah bahan makanan tersebut dihasilkan (lihat di kemasan, tanyalah pada arangtuamu, atau tanyakan pada penjaga toko/si penjual, dll)
Find out where the food has been produced (look for texts at the package, ask parents, ask shopkeepers etc)

d.Buatlah peta yg bias menggambarkan rute distribusi bahan makanan yang kamu konsumsi. Gunakan peta lokal atau peta dunia.
d. Make a map to draw the distribution route of food material consumed by students. Use a world map- or a local map

e. Diskusikan mengenai pertanyaan : bagaimana keberlanjutan konsumsi makananmu?
e. Discuss about the question how sustainable your food consumption is.

f. Diskusikan jenis bahan makanan yang mana yang paling berkelanjutan (pikirkan mengenai kesehatanmu, cara memproduksinya, dan penggunaan energy untuk tranportasinya)
f. Discuss the kind of food material that is really sustainable (think of your own health, of the production, of the energy used to transport it)
g. Rancanglah rencana kerja
g. Set up action plan.

Di website mengenai makanan, andan dapat mencari informasi yang berguna untuk kasus ini.
On the websites about food you can find more useful info about this case.

Jika anda mencarinya dari halaman yang berbeda, sangat berguna untuk mengisi the Internet log
If you are surfing the web for different pages, it is useful to fill in the internet log



Tidak ada komentar: