Selasa, 28 Oktober 2008

SUMPAH PEMUDA SEBUAH HARAPAN

Hari ini adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia yakni peringatan Sumpah Pemuda ke-80 . Peringatan yang selalu diperingati tidak saja bagi pemuda, tetapi oleh seluruh rakyat Indonesia. Ketika kita memperingatinya yang paling utama adalah mengevaluasi terhadap bagaimana posisi kepemudaan pada masa lalu dalam perspektif sejarah baik itu dari keberadaanya, peran sejarah yang dimainkan pada masa itu. Dengan demikian akan tampak momentum terutama saat ini sedang hangatnya diskursus tentang regenerasi kepemimpinan. Kaum muda menginginkan bahwa sudah saatnya era reformasi ini diteruskan kaum muda. Tentu berbagai kajian terhadap itu sungguh diperlukan.

Harapan bahwa pemuda sebagai penerus cita-cita bangsa adalah suatu yang pasti, namun sejauh mana kesiapan pemuda saat ini perlu dievaluasi ulang sekaligus membuat proyeksi terhadap berbagai peran yang akan dimainkan di masa mendatang. Sementara kita ketahui bahwa tantangan di masa mendatang tidak semakin mudah.

Dalam konteks kesejarahan HMI sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kepemudaan tentu sangat strategis posisinya dalam konteks kepemimpinan di masa mendatang.

Selamat memperingati hari Sumpah Pemuda ke-80.

Tidak ada komentar: