Sabtu, 15 November 2008

TEMU CALEG ALUMNI HMI DAN

DISKUSI REGULER KAHMI MEDAN

DI HOTEL GARUDA PLAZA

Tadi malam, Jumat/14 Nopember 2008 bertempat Convention Hall Hotel Garuda Plaza, Majelis Daerah KAHMI Medan mengadakan Temu Caleg Alumni HMI dan Diskusi Reguler KAHMI Medan. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan diskusi yang secara regular dilaksanakan oleh KAHMI Medan dengan berbagai topik yang sebelumnya telah dilaksanakan.

Dalam kata pengantarnya Kordinator Presidium KAHMI Medan, Ir. Murlan Tamba, MM mengungkapkan bahwa diskusi malam ini membicarakan dua isu pokok yang menarik yaitu etika politik dan pemanfaatan teknologi informasi. KAHMI Medan melihat bahwa etika politik dan teknologi informasi merupakan bagian penting dalam strategi memenangkan persaingan. Kita berharap bahwa diskusi ini akan memberikan hasil yang positif bagi alumni HMI yang berjuang pada pemilu nanti.

Hadir pada diskusi ini H. Hasnil Basri Siregar, SH (Ketua Majelis Penasehat KAHMI Sumut), H. Mayasyak Johan, SH (Wakil Ketua Komisi III DPR RI), Drs. H. Abdul Azis Angkat, MSp (Ketua DPRD Sumut yang baru terpilih), Prof. Dr. Urip Harahap, (Ketua Majelis Pakar MD KAHMI Medan), H. Rusdi Lubis, SH, MMA (Kordinator Presidium KAHMI Sumut). Para senioren alumni HMI seperti Ir. Ansar M. Noor,MM, Ir. Syaiful Amri TH, Drs. Irwansyah OK, Asrul Kidam dan lain-lain.

Para caleg diperkenalkan oleh salah seorang Presidium KAHMI Medan, Drs Ansari Tarigan kepada peserta pada malam itu antara lain Nilam Sari Harahap (PKB), Isfan Dahrian Nasution (PKS), Drs. H. Adi Munasip, MM, Hapcin Suhairy, SE,Ak, MSi, Ir. Tirmizi, Drs. Arwin Harahap, MSi (PAN), Drs Adil Sirait, Drs Jafaruddin Harahap, Aja Sahri (PPP), Dr. Ir. Masri Sitanggang (PBB), Irwansyah Hasibuan, Sani (GERINDRA), Reza Fahrumi Tahir, Nuzuliaty, SE, Fenty Iska SH, MKn, Sri Rahayu (Golkar), Syafaruddin SH (BARNAS) dan lain-lain hampir semua partai cukup ramai alumni HMI yang berjuang sebagai caleg hadir malam tersebut termasuk para caleg yang masih muda-muda dari alumni HMI dari PBR.

Dalam kesempatan ini hadir para calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia antara lain Prof. Dr.Ir. Hj. Darmayanti Lubis (Ketua Kaukus Perempuan Sumatera Utara) dan Ir. Husni Husin, MS

Prof. Dr, Muhammad Zarlis, Ketua Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi KAHMI Medan menekankan bahwa kemajuan IT sangat cepat berubah dari waktu ke waktu, bagi caleg harus mampu mengantisipasi perubahan yang terjadi. Para caleg misalnya dapat menggunakan website untuk menyampaikan pokok-pokok pikirannya.

Sementara itu dalam paparan Prof. Dr. Nur Ahmad Fadhil Lubis, MA. Dekan Fakultas Syariah IAIN Sumut, mengungkapkan tentang berbagai syarat dalam menjalankan etika politik, kita bisa berbeda dalam hal fiqh tidak dalam syariat. Bagi para caleg harus memenuhi berbagai syarat etika yang didasarkan kepada ketentuan-ketentuan Islam termasuk dalam konsepsi kepemimpinan dalam Islam.

Ahmad Taufan Damanik menekankan kepada para caleg untuk agar lebih mengenali tentang karakateristik para pemilih, tentunya pendekatan yang ditempuh akan berbeda. Perlu mendalami berbagai perubahan yang terjadi. Partai besar tidak menjamin akan menang, sangat tergantung kepada kemampuan individual caleg tersebut, jadi tidak bisa hanya mengandalkan nama besar dari partai tersebut.

Dalam diskusi yang cukup dinamis dan hangat tersebut direspon oleh peserta diskusi. Ir. Ansar M. Noor mengungkapkan bahwa rakyat akan melihat ideologi partai, platform dan program kerja partai tersebut. Sementara itu Reza Fahrumi Tahir berharap bahwa para caleg mampu menafaatkan teknologi informasi dalam memasarkan idenya. Misanya bagi saya, di daerah pilihan Deli Serdang yang secara geografis berbeda bagaimana cara pendekatan yang tepat dalam menyampaikan pesan-pesan kepada konstituen yang sangat berbeda secara geografis tersebut. Turut memberikan komentar dalam diskusi tersebut Rosman (Koperasi KAHMI Deli Serdang), H. Rusdi Lubis SH, MMA, Drs. H. Abdul Azis Angkat, MSp, Vera, dan lain-lain.

Disela-sela acara tersebut Kordinator Presidium KAHMI Medan, Ir. Murlan Tamba, MM mengungkapkan bahwa diskusi ini akan dilanjutkan di masa mendatang yang lebih menekankan kepada diskusi spesifik yaitu dengan cara mengelompokkan bagi caleg, misalnya caleg untuk DPR Pusat, caleg DPRD Sumut, caleg DPRD Kota Medan. Kita akan meminta masing-masing membawa kertas kerja mengenai satu isu tertentu misalnya sebagai caleg DPR RI kita minta pandangannya dalam halk sesuatu isu menarik dan perspektifnya kepada Propinsi Sumatera Utara, demikian pula pada strata berikutnya DPRD Sumut dan Medan.

Pada diskusi yang menarik ini dihadiri oleh unsur Pengurus MW KAHMI Sumut, seperti Sekum Muazul, SH, M.Hum dan MD Medan, Presidium KAHMI Medan Syahruzal Yusuf SH, Kordinator Presidium Forhati Medan Ir. Nely Armayanti MSP, Sekretaris Umum Ir. Irwan Bahri MD KAHMI Medan Sugih Permono, Zahirsyah, Drg. M. Sahbana (Bendahara Umum), sekaligus sebagai Kordinator/PO acara diskusi ini. Drs Abdul Karim Nasution (Ketua LAZIS KAHMI Medan) Ir. Elvi H. (Bendahara LAZIS)

Diskusi yang dipandu oleh moderator Dadang Darmawan, S.Sos, MSi, Presidium KAHMI Medan yang di awal pengantar diskusi menyebutkan bahwa diksusi ini selain menyangkut apresiasi KAHMI terhadap dinamika politik, forum ini tidak terlepas merupakan media silaturrahim sesama caleg alumni HMI. Forum ini ditutup pada pukul 23. 15 WIB dan diteruskan silaturrahim sesama alumni HMI yang diperkirakan dihadiri lebih dari 200 orang.

Tidak ada komentar: